Komunikasi bisnis on UTS

Mata kuliah buntut yang saya ikuti di kampus berlogo huruf  “ha” hijaiyah, yaitu komunikasi bisnis. Kali ini saya sekedar share resume materi selama setengah semester ini, buat apa? Buat sekalian prepare ujian besok. Jadi belajarnya buat ujian doang?😛 silakan dijawab sendiri.

First, what?

Komunikasi berasal dari kata “communicatio” (bahasa latin) yang artinya pemeritahuan atau pertukaran pikiran (transfer informasi). Definisi komunikasi adalah suatu proses mengirimkan dan menerima pesan-pesan antara pihak pengirim dan penerima. Komunikasi merupakan interaksi antarpribadi yang menggunakan sistem simbolik linguistik (verbal, non verbal). Sistem ini dapat disosialisasikan secara langsung maupun melalui media lain. Sedangkan komunikasi bisnis adalah proses sosial dalam arti pelemparan pesan/lambang yang mana akan menumbuhkan pengaruh pada semua proses dan berakibat pada bentuk perilaku manusia untuk kepentingan bisnis. (William Algie)

Second, the application.

Contohnya komunikasi bisnis dalam bentuk pariwara di televisi, iklan di internet atau di surat kabar, pamflet dan brosur tentang produk/jasa, kerjasama yang dilakukan pihak yang terkait entah dalam bentuk proposal penawaran produk atau pelobian langsung, pemasaran langsung, dsb.

Third, the importance.

Pentingnya kombis adalah untuk memudahkan organisasi mencapai tujuannya melalui komunikasi internal dan eksternal, menggiring organisasi menyesuaikan diri pada perubahan zaman dan globalisasi, sebagai kunci untuk dapat masuk dalam pasar bisnis lintas dunia, dan untuk membentuk mindset dan perilaku konsumen terhadap produk.

Forth, the essence.

Inti kombis adalah transfer pesan bisnis dari pengirim pesan (individu, organisasi, negara) kepada penerima pesan (individu, organisasi, negara) dengan tujuan  penerima dapat melakukan tindakan bisnis sesuai harapan.

Fifth, the annoyance.

Gangguan yang terjadi ketika proses kombis ada faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internalnya, bisa dari kurang menariknya cara penyampaian pesan, atau sikap pembawa pesan yang kurang baik, bisa secara verbal maupun non verbal. Faktor eksternal misalnya hasutan dari pihak lain, atau kebijakan pemerintah, dll.

Sixth, the ethics.

Ada empat: relevan, benar secara akal sehat, tidak terdapat unsur penipuan, tidak ada unsur yang merusak akidan dan perilaku masyarakat. Memerlukan sinergi dari individu-individunya, kepemimpinan yang beretika, dan kebijakan yang mendukung karyawan melakukan tindakan etis.

Seventh, arrange a negative message.

Ininih, tergantung kekreatifan dan kesensitifan kita, untuk membuat pesan yang tegas, tapi tidak menyakiti pihak penerima pesan. Apakah itu kepada customer, karyawan, manajer, pemerintah, investor, debitur, dll.

Last, the variance of persuasive communiations.

Ada dua variasi, dua model komuikasi persuasif. Yaitu psikodinamika dan sosial budaya. Ada empat tahapan komunikasi. Biasa disingkat AIDA> Awareness, Interest, Desire, Action. Menimbulkan kesadaran hingga si penerima pesan tertarik, lalu memiliki hasrat/keinginan yang kuat, sampai melakukan tindakan sesuai yang kita inginkan. Tak hanya bisnis tentu teori ini teraplikasi dalam aspek lain. Model psikodinamika adalah model komunikasi yang menekankan pada penciptaan suasana/perasaan yang menggugah psikologi pada penerima untuk tertarik dan tergerak. Perasaan yang ditimbulkan seperti rasa takut, sedih, cemas, senang. Sehingga perasaan itu mendorong penerima pesan untuk melakukan yang disarankan oleh penyampai pesan. Sementara model sosial budaya, sifatnya mengarahkan seseorang pada kedudukan/statusnya pada sebuah golongan/kelompok sosial budaya masyarakat. Misalnya iklan “koran e wong Jogja, yo KR..”

Itu ringkasannya. Kelewat simpel? Namanya juga ringkasan.

#First and last middle test in this semester. Wish us luck. Bismillah.

Iff.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s