Amanah

Berawal dari ketidakbisaan saya mengikuti syawalan di kepuharjo (tempat KKN kami) jika harus berangkat dari pagi. Saya nitip kamera ke teteh saya satu itu. Sekedar titip untuk difotokan momen-momen penting disana sebelum saya datang. Singkat cerita, saya dan teman saya satu lagi -yang samasama ada agenda dulu- sampai di cangkringan sudah mendekati waktu jumatan. Usai shalat jumat, barulah kami temui sahabat-sahabat kami yang lain di huntap batur. Rupa-rupanya mereka juga sedang shalat dluhur. Kemudian rombongan akhwat mengunjungi rumah Pak Kuat, kepala dukuh Jambu. Dan disitulah awal cerita si amanah.
Namanya amanah. Sekarang saya menyebutnya amanah. Baru saja nyawanya saya ambil untuk memindahkan isi otaknya ke memori elektronik saya.
Di rumah itu teteh mengembalikan kamera. “Ini amanahnya saya kembalikan ya”
Tapi kawan-kawan saya itu telah terpuaskan dengan kerja si amanah di setiap pemberhentian mereka sebelumnya. Lalu amanah diperebutkan lagi. Akhirnya di setiap tempat berikutnya, sekalipun ada saya disitu, si amanah tetap saya amanahkan pada teteh. Dan tetehpun dengan senanghati memperlakukan amanah dengan baik sesuai peruntukannya.
Terimakasih amanah… Kamu mengabadikannya. Ketika mempererat jalinan ukhuwah dengan para tokoh desa. Ketika melewati jalur alternatif yang kini semakin seram dan berpasir. Ketika bersulang minum dan menghabiskan coklat. Ketika segelas teh hijau dengan dua sedotan. Ketika memilih antara wafer nissin dan wafer khong guan.
Terimakasih amanah, karena kami bisa mendapatkan hikmah. Bahwasannya sekecil apapun amanah itu harus dikerjakan. Sesepele apapun itu, jika telah menjadi tugas kita maka wajib untuk ditunaikan. Maka untuk amanah-amanah yang sedang menanti untuk dilirik, difikirkan, diupayakan, dituntaskan… kami katakan.. Tunggu kami ya. List To Do and Do Your List.

di rumah salah satu kepala dukuh [jepret by amanah] di tengah jembatan pagerjurang [jepret by amanah]

 

[jepret by amanah]

 

iff_

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s