Untuk siapa saja yang sedang ‘kacau’

Untuk siapa saja yang sedang ‘kacau’

Adakalanya seseorang mengalami saat-saat terpuruk. Misalnya ketika kamu berhari-hari menyiapkan teknis suatu acara. Kamu bukan siapa-siapa melainkan penanggungjawab umumnya. Di hari itu persiapan teknis usai, tinggal fiksasi beberapa hal lalu menjalaninya saja. Tapi seketika kamu diingatkan terhadap satu perkara paling penting, yang kamu lupa memperhitungkannya. Hal itu jika kamu membiarkannya, jelas hukum syara telah kau langgar. Tapi mempertimbangkannya begitu sulit, karena solusi alternatif pun hampir mustahil dilakukan. Perkara itu ternyata masih belum kamu tanyakan pada orang yang lebih mengetahui. Jangan sampai asumsi-asumsi pesimis temanmu atau asumsimu sendiri jadi ganas menggerogoti kepercayaanmu. Berfikirlah dengan benar, berfikir optimislah.
Adakalanya seseorang harus merasakan saat-saat yang kacau. Semua seakan ikut memburuk dan dunia terasa semakin gelap. Tapi ketika ada setitik saja sinar menuju jalan keluar, kamu akan bersujud syukur dengan syukur yang begitu membahagia.
Ambillah air wudlu, shalat, lalu bacalah al qur’an. Gundah gulanamu semoga bisa menyusut. Bila hati dan pikiranmu sudah tenang, kembali gunakan akalmu dan carilah solusi yang sesungguhnya. Apapun jawaban solusi itu, atur pernafasan, menej perasaan untuk mengakui kebenaran dan keadilan syariat islam dan jalankan ia dengan taat lillahi ta’ala. 24/7 sadar sedang berhubungan dengan Allah. Cukup 24 jam dalam sehari. Cukup 7 hari dalam seminggu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s