tanyakan pada yang terhimpit waktu

Sakit.

Iri.

Kami hanya iri melihat kalian para pemilik waktu-waktu luang. Kalian bisa memiliki waktu-waktu lapang. Harusnya kalian bersyukur. Lihatlah kami, waktu begitu jahat pada kami. Kami tak ada waktu lebih untuk belajar dan membaca, memantau berita, berdiskusi di facebook, tak banyak waktu untuk hafalan, bersusah payah berkorban demi kajian dan koordinasi di selasela waktu yang hampir tak bersisa, nyaris tak ada waktu untuk berdakwah membuat tulisan.

Kami hanya iri terhadap kalian. Kalian bisa banyak menghafal, membaca buku dan berita, menulis. Semua itu untuk upgrading diri. Kalian bisa pergi ngaji dengan persiapan yang optimal karena kalian punya banyak waktu. Kalian bisa dengan mudah janjian bertemu dengan obyek dakwah kalian.

Sedangkan kami?

Tenaga kami telah banyak terforsir. Waktu kami telah banyak tersita. Kami tak lagi mampu menguasai waktu yang kami miliki, karena sepertinya kami tak mampu lagi menggenggam waktu untuk kami pergunakan sesuka hati kami. Boro-boro untuk menonton film, atau nge-game. Untuk menguatkan aqliyah dengan membaca buku pun nyaris tak bisa.

Kami sedih karena merasa waktu yang kami punya hanya untuk itu-itu saja di tempat PKL. Jangan bayangan kami hanya duduk diam berjam-jam. Kami melakukan banyak tugas yang tidak bisa diselingi dengan membaca. Betapa kami menyesal tak bisa melakukan hal yang lebih bermanfaat daripada sekedar membantu manajemen operasi produksi.

Tapi disaat kami sedih dan menyesal tak dapat mempergunakan waktu dengan lebih baik, rupanya kami lebih sakit lagi karena kalian justru lebih banyak membuang kesempatan-kesempatan emas itu untuk hal sia-sia. Kenapa???

sakit sekali rasanya melihat kalian yang punya banyak waktu luang tapi kalian acuhkan waktu berharga itu. Belumkah kalian sadar berapa nilai waktu? Tanyakan pada yang terhimpit waktu, tanyakan pada pelari yang rekornya dikalahkan sepersekian detik, tanyakan pada penumpang pesawat yang terlambat satu menit.

Bersyukurlah kawan, kalian punya banyak waktu luang. Manfaatkan ia dengan bijak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s